Sertifikat Legalitas Kayu Perlancar Ekspor Ke Mancanegara

“Misalnya KKP dengan KLHK, penerapan prokes di destinasi wisata yang berstatus taman nasional, sampai pembukaan kembali layanan penerbangan internasional dengam pembahasan dan diskusi dengan Kementerian Perhubungan, Kemenlu, Kumham, serta pihak-pihak lain,” paparnya. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap dengan adanya kewajiban sertifikat CHSE ini dapat mendongkrak kinerja sektor pariwisata yang sudah lesu lebih dari 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19. Pemerintah menetapkan bahwa para pelaku pariwisata harus memiliki sertifikasi CHSE berlabel Indonesia Care atau I Do Care. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan , Rina mengungkapkan keberhasilan ekspor komoditas ini berkat adanya sinergitas para pemangku kepentingan mulai dari BKIPM, Pemda Simeuleu, Perum Perindo, serta Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan . Dimulai dari Perum Perindo yang bertindak sebagai Unit Pengolah Ikan yang menggunakaninternal chilly storage yang dibangun KKP melalui Ditjen PDSPKP. Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Olvy Andrianita menambahkan, eksportir yang teregistrasi atau tersertifikasi tidak diperkenankan membuat DAB untuk barang yang tidak sesuai ketentuan asal barang.

Oke menuturkan, DAB memiliki fungsi yang sama dengan Surat Keterangan Asal yang dapat digunakan oleh eksportir untuk memperoleh fasilitas pengurangan atau pembebasan tarif bea masuk ataupun untuk menunjukkan asal barang dari Indonesia. “Bersama dengan pemerintah daerah dan semua pihak, kita akan dukung investasi ini, dan PT. BKS kian menambah deretan ekspotir baru Sulut tahun ini, whole keseluruhan ada 16 eksportir baru yang dominasi oleh kaum milenial,” tambah Donni.

“Sedangkan peserta dari kalangan pengurus koperasi diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan koperasi,” tutup Christina. Sumbangan UMKM terhadap ekspor sebesar 14,17 persen, terhadap PDRB sebesar 60 persen dan terhadap investasi sebesar 58,17 persen. Berdasarkan information BPS Jawa Barat dari 7,5 juta pelaku UMKM di Jawa Barat memberikan kontribusi yang cukup signifikan baik terhadap ekspor, PDRB dan Investasi. Pengaturan sistem da norma sustainability/traceability, dan mekanisme impelmentasi sertifikasi dapat dilaksanakan setelah PCBI tersusun lebih dari 50%. “Harapannya peraturan tersebut bisa final paling lambat Desember 2021,” kata Emil dalam sebuah webinar yang dihadiri InfoSAWIT.

Sertifikasi Ekspor

Melapor dan menunjukkan surat penolakan ikan yang bersangkutan kepada Petugas Karantina Ikan setempat untuk ditindaklanjuti. Jenis ikan yang harus dilaporkan adalah seluruh komoditasikandanbenda lainyang dapat membawa masuk dan/atau menyebarkan HPIK. PT Mutuagung Lestari atau dikenal dengan model MUTU International, memfasilitasi perusahaan-perusahaan di berbagai bidang, untuk melakukan pengujian, inspeksi hingga mendapatkan sertifikasi. Terdapat berbagai manfaat yang diperoleh dengan mengadopsi sertifikasi dalam kaitannya dengan aktivitas ekspor.

Pada tanggal Juli 2021 telah dilakukan uji kompetensi degree Staf Ekspor untuk sekolah Vokasi Universitas Negeri Sebelas Maret . Hal ini terpaksa dilakukan karena situasi pandemi Covid 19 dirasa belum berakhir dan untuk mengurangi resiko terjadinya penularan disamping itu mengikuti anjuran pemerintah. “Kratom ini kearifan lokal yang sudah ada bertahun-tahun, bearabad-abad di Kalbar, kenapa tidak kita berdayakan dan kita dorong ekspor untuk pengembangan kratom juga. Kami dari Bea Cukai terbuka dan siap memfasilitasi untuk ekpsor langsung dari Kalbar, bahkan beberapa skema fasilitas juga kita siapkan dalam rangka meningkatkan mutu dan kapasitas kratom,” tutupnya. “Saya berharap, melalui sinergi dan kolaborasi antara dunia usaha dan akademisi di Sekolah Ekspor ini akan melahirkan semakin banyak eksportir baru dari Generasi Milenial dan Generasi Z untuk menciptakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini,” harapnya.

JAKARTA – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan terus berupaya mendukung kegiatan ekspor sarang burung walet yang sejalan dengan Gratieks atau Gerakan Tiga Kali Ekspor. “Faktor keamanan dan kesehatan suatu produk menjadi faktor utama yang semakin penting dalam persyaratan standar perdagangan khususnya untuk produk pangan. Peningkatan standardisasi keamanan dan kesehatan ini bukan hanya pada produk, melainkan juga pada pengemasan dan labelnya. Peningkatan persyaratan sertifikasi ini diperkirakan akan terus berlanjut bahkan setelah masa pandemi Covid-19,” jelas Natan. Untuk itu, lanjut Rizalu, Pemerintah Inggris memutuskan untuk membuat peraturan bagi produk yang masuk ke Inggris harus merupakan produk authorized dan berkelanjutan. Artinya, Pemerintah Inggris melarang penggunaan komoditas yang produksinya tidak sesuai dengan peraturan negara asal.

Anjen

Leave a Reply

Your email address will not be published.