Covid

Pada setiap saat dan untuk alasan apapun, kami dapat memodifikasi atau menghentikan penyediaan Situs, atau bagian apapun di dalamnya, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda. Tidak ada pemberitahuan yang diperlukan untuk melakukan pemutusan hak apapun kepada pihak manapun. Perusahaan tidak membuat pernyataan bahwa Situs sesuai atau tersedia untuk digunakan di luar Amerika Serikat. Jika Anda memilih untuk mengakses Situs dari lokasi lain, Anda melakukannya atas inisiatif dan risiko sendiri serta bertanggung jawab untuk mematuhi hukum setempat jika, dan sejauh mana hukum lokal tersebut berlaku.

Usaha yang bisa dibuat untuk mencegah kebangkrutan

Bisnis kecil bisa gagal karena rencana bisnis mereka buruk, atau yang lebih buruk, mereka tidak memiliki rencana bisnis yang stable dan terdokumentasi. Mengambil terlalu banyak utang juga bisa mengarah pada kegagalan bisnis karena menyebabkan beban keuangan melonjak. Ada banyak sekali bisnis di sekitar kita dengan berbagai latar belakang, termasuk target pasar dan sumber daya yang berbeda.

Perencanaan harus dibuat realistis dan berdasarkan informasi akurat dan terbaru serta proyeksi tentang masa depan. Buatlah prioritas anggaran dengan memilih mana anggaran yang sangat berdampak terhadap bisnis saat ini, mana yang harus dikurangi atau justru tidak berdampak untuk kegiatan bisnis. Tapi tak lupa juga untuk selalu menjaga kualitas produk Anda meskipun ada pengurangan biaya produksi.

Salah satu usaha yang justru peluang semakin besar ditengah pandemi yaitu penjual/pengecer yang menjual produk-produk olahan makananan seperti grocery store, swalayan dan lain sebagainya. Usaha-usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti penyedia/penjual masker, handsinitizer, multivitamin dan jamu herbal merupakan salah satu usaha yang permintaannya meningkat di tengah pandemi ini. Saat fokus mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan, bukan tidak mungkin suatu hal terjadi dan bisa mengganggu perkembangan bisnis Anda. Baik itu bencana alam, peralatan yang rusak, pembayaran dari pelanggan yang belum diterima, dll.

Para pelaku usaha tetap bertahan memberikan pelayanan terhadap konsumen, dengan catatan tidak melanggar aturan pemerintah. Seperti tidak berjabat tangan, menerima konsumen bergerombol, serta memberikan fasilitas cuci tangan di tempat kerja. Bahkan beberapa penyedia jasa memberikan pelayanan dengan datang ke rumah pelanggan. Pandemi Covid-19 juga berdampak langsung terhadap pendapatan masyarakat di Indonesia. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar Ipsos didapat 84% pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan. Beberapa diantaranya mengaku mengalami penurunan hingga lebih dari 50%.

Anjen

Leave a Reply

Your email address will not be published.