10 Penyebab Kebangkrutan Perusahaan Yang Harus Kalian Hindari ~ Spotlight Id

Setelah perusahaan dituntut, mereka mungkin akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan, kreditor, dan karyawan. Selain itu, bisnis juga rentan terhadap perubahan peraturan pemerintah. Jika pemerintah memutuskan untuk lebih tegas dalam praktik tertentu, mereka dapat memberlakukan kebijakan yang akan meningkatkan biaya bagi banyak bisnis. Saat pihak lain akan berinvestasi atau menanamkan modal pada perusahaanmu, mereka pasti akan memeriksa dulu, bukan? Data yang kamu dapat dari pengelolaan keuangan usaha yang benar akan sangat membantu investor untuk mengetahui kondisi perusahaanmu. Risiko ini sangat berkaitan dengan strategi, di mana terjadi risiko atau ketidakpastian yang diakibatkan dari kurang matangnya strategi dalam menjalankan bisnis.

Di dalam rapat tersebut, fokuslah menganalisis data-data penting perusahaan selama periode tertentu, misalnya dalam rentang waktu enam bulan hingga satu tahun kebelakang. Identifikasi setiap kemungkinan yang membuat profit perusahaan Anda mengalami penurunan. Terlepas dari apa pun faktor yang membuat bisnis Anda hampir kolaps, Anda justru harus melihat ini sebagai peluang bagus untuk membuatnya menjadi lebih baik dan semakin berkembang.

Usaha yang bisa dibuat untuk mencegah kebangkrutan

Di sini Babastudio akan menyajikan 5 alasan yang Membuat 8 dari 10 Perusahaan Mengalami Kebangkrutan sebagaimana dikutip dari situs forbes. Padahal, sejatinya Kodak telah mengembangkan kamera digital sejak tahun 1975. Sayangnya, Kodak mengalami ketakutan bila keberadaan teknologi kamera digital tersebut akan mengancam penjualan film yang menjadi pemasukan utama Kodak. Akibatnya, Kodak gagal mengantisipasi pesatnya perkembangan kamera digital dan gagal bersaing dengan kompetitor asal Asia seperti Sony, Canon, dan Nikon. Perusahaan raksasa ini pun harus menyerah saat kamera digital mulai tergantikan dengan keberadaan kamera smartphone serta pill. KlikCair adalah perusahaan Teknologi Finansial Peer to Peer Lending di Indonesia dengan misi untuk menumbuhkan perekonomian yang lebih inklusif melalui pemberdayaan UMKM.

Dalam keuangan rumah tangga, biasa juga disebut sebagai dana darurat aliasemergency fund. Bila kondisi likuiditas tidak aman, masa depan bisnis juga terancam. Coba hitung berapa besar tingkat likuiditas usaha, sampai berapa lama Anda mampu menghidupi bisnis dalam situasi tanpa pemasukan?

Perlu anda ketahui bahwa life cycle produk mengalami empat tahapan yakni introduction, growth, maturity, dan decline. Decline merupakan tahapan paling berbahaya dalam sebuah siklus produk. Decline ditandai dengan menurunnya penjualan, dan menurunya model image suatu produk. Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebangkrutan bisnis. Tingkatkan efisiensi dengan melakukan penghematan dalam pengeluaran rutin.

Pandemi virus Corona yang sedang terjadi di Indonesia dan juga negara-negara lain berdampak besar terhadap perekonomian dari berbagai sektor, terutama di sektor usaha kuliner. Kegiatan usaha pun harus beradaptasi dengan perilaku baru masyarakat yang menerapkan do business from home serta social distancing. Hal ini membuat pelaku usaha mengubah strategi pemasaran yang relevan dengan situasi saat ini. Menurut information yang ada, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2020 jauh lebih lambat dari tahun sebelumnya. Selama pandemi Covid-19 permintaan domestik dan konsumen rumah tangga mengalami penurunan. Banyak dari pelaku UMKM ini tidak dapat menjalankan bisnis sama sekali.

Dengan menjalankan prosedur yang benar, maka perusahaan akan terhindar dari ancaman kebangkrutan yang sangat merugikan. Secara umum teknologi menyederhanakan proses operasional bisnis, karena kini banyak mesin canggih yang mampu membantu percepatan pekerjaan. Meskipun harga mesin mahal, namun penggunaannya lumayan lama dan bisa bekerja dengan cepat. Perusahaan yang kurang melakukan inovasi, akan berpeluang mengalami kebangkrutan dan akan sangat tertinggal dengan para pesaingnya. Untuk itu, ia mendorong pemerintah bertindak cepat mencegah kebangkrutan ekonomi.

Dengan istilah sederhananya, pelanggan harus mau membayar produk atau layanan Anda dengan harga yang cukup tinggi untuk mendukung bisnis tetap berjalan. Ketika Anda menjalankan bisnis, tak heran kalau keuntungan jadi fokus utama. Pasalnya, bisnis memang didirikan untuk menghasilkan keuntungan sebesar mungkin, bahkan terus bertambah dari waktu ke waktu. Dalam menjalankan bisnis, tentu kita akan memiliki kompetitor atau pesaing. Terlalu fokus pada kondisi internal dan mengabaikan pergerakan kompetitor juga bisa membuat perusahaan bangkrut karena kita tidak siap bertarung. Kebangkrutan akibat kegagalan keuangan atau biasa disebut monetary distress terjadi saat perusahaan mengalami kesulitan dana, baik dana kas maupun modal untuk kegiatan operasional.

Anda bisa melakukan riset, idealnya sebelum anda menjalankan usaha. Itu membantu anda untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin di masa depan. Mereka berusaha sebaik mungkin untuk memulai, mengoperasikan dan mengembangkan bisnis. Dan kegagalan tidak mematahkan semangat mereka untuk memulai bisnis yang lain. Artinya, secara hukum, langkah untuk melakukan restrukturisasi utang dilakukan bersama-sama dengan seluruh kreditur yang telah mendaftar tepat waktu dan membuktikan keabsahan piutangnya.

Di sisi lain, pastikan Anda mengetahui apa saja feedback yang diberikan pelanggan terkait bisnis Anda saat ini. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk tetap membuat pelanggan percaya pada bisnis Anda, yakni tetaplan transparan. Untuk menghindari risiko ini, Anda harus membuat kontrak dan memahami isi di dalam kontrak dengan benar dan jelas sebelum melakukan tanda tangan kontrak.

Anjen

Leave a Reply

Your email address will not be published.